PENGANTAR KOMPUTER DAN
TEKNOLOGI INFORMASI 2A
Flowchart membuka rekening
di bank hingga menabung pertama di bank
di bank hingga menabung pertama di bank
Disusun Oleh:
Muhammad Ardillah 24219030
Kelas 1EB01
Kelas 1EB01
Sebagai Pengumpulan Quiz melalui
V-Class / Pembelajaran Jarak Jauh
Dosen
Bu Amelia Belinda Silviana
Fakultas Ekonomi
Jurusan Akuntansi
Universitas Gunadarma
Pendahuluan
Pendahuluan
Diagram alur ( Flowchart) merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan symbol
Disini Saya akan menjelaskan bagaimana alur pembukaan rekening tabungan dengan flowchart.
Prosedure Pembukaan Rekening
• Calon nasabah datang ke Bank dan menghubungi Customer Service
• Customer Service melayani calon nasabah dengan memperhatikan ketentuan
sebagai berikut:
1. Memberikan penjelasan yang bersifat penting atau brosur brosur yang ada kepada calon nasabah yang bersangkutan mengenai ketentuan tentang simpanan
2. Setelah calon nasabah memahami dan menyatakan kesediaannya untuk membuka rekening, selanjutnya Customer Service meminta tanda bukti pengenal diri berupa KTP/SIM/Paspor asli beserta fotokopi KTP/SIM/Paspor sebanyak 2 lembar
3. Khusus untuk pembukaan rekening badan usaha/group/yayasan maka calon nasabah harus menyertakan fotokopi akte pendirian badan usaha tersebut
• Selanjutnya Customer Service menyiapkan formulir formulir berupa:
1. Formulir aplikasi pembukaan rekening model CIF 01-A, APL-01 untuk diisi dan ditandatangani oleh calon nasabah sesuai dengan identitas diri masing masing
2. Formulir Data Nasabah memiliki fungsi untuk mengetahui data diri nasabah, jenis rekening yang akan dibuka, fasilitas yang tersedia akan dipergunakan atau tidak
3. Kartu Contoh Tanda Tangan (KCTT)
4. Formulir tanda setoran untuk setoran awal (slip penyetoran)
5. Buku Tabungan
• Calon nasabah selanjutnya dipersilahkan untuk mengisi danmenandatangani
atau cap jempol formulir tersebut, pengisian formulir ini dapat dibantu oleh
Customer Service
• Setelah formulir tersebut diisi dan ditandatangani atau dicap jempol oleh calon
nasabah, selanjutnya Customer Service melaksanakan hal hal sebagai berikut:
1. Menginput data yang telah diisi oleh nasabah untuk mendapatkan nomor rekening bagi calon nasabah yang bersangkutan
2. Setelah mendapatkan nomor rekening, dicatat kembali pada kartu sub buku besar
• Customer Service melanjutkan formulir yang telah dipersiapkan sebelumnya
kepada pejabat bank yang berwenang untuk meminta persetujuan pembukaan
rekening dan meng “approve” data yang telah diinput oleh Customer Service
sebagai tanda persetujuan
• Pejabat bank menerima formulir formulir dari Customer Service dan meneliti
kebenaran pengisiannya apabila sudah benar pejabat bank menandatangani
formulir tersebut serta mengembalikan pada Customer Service
• Customer Service menerima pengembalian formulir tersebut kemudian
menyerahkannya pada Teller
• Teller menerima dan melakukan kegiatan antara lain:
1. Menerima tanda setoran dari Cusstomer Service
2. Memanggil nasabah untuk menerima uang setoran awal dari nasabah
3. Teller menghitung jumlah uang dan menimpan uang tersebut dalam cash box
4. Mencatat transaksi tersebut ke dalam komputer serta memvalidasi slip setoran dan mencetak pada buku tabungan serta menandatangani slip setoran sebagai signer
5. Meneruskan tanda setoran pada Customer Service
• Customer Service menandatangani semua lembar setoran pada kolom yang
tersedia kemudian mengembalikan lembar pertama dan kedua tanda setoran
kepada teller
• Teller menyerahkan :
1. Lembar pertama tanda setoran
2. Buku tabungan
3. Kartu identitas (KTP/SIM)
4. Lembar kedua formulir pembukaan rekening
Flowchart
Komentar
Posting Komentar